Manfaat kimchi bagi kesehatan.


Belakangan ini drama Korea sedang digandrungi di masyarakat indonesia, khususnya para remaja. semakin menjamurnya drama Korea tersebut masyarakat pun terbiasa dengan kebiasaan mereka. Salah satunya mengonsumsi makanan bernama kimchi.
   Apa sih kimchi itu sebenarnya??
Kimchi adalah sayuran yang diberi bumbu lalu difermentasikan. Karena fermentasi jadi terasa asam donk?? Tentu saja. Kimchi sendiri mempunyai rasa asam, asin dan pedas (tergantung pembuatan, ada yang tidak pedas juga).
Mengapa orang Korea suka makan kimchi?? Selain karena budaya, kimchi juga punya banyak sekali manfaat untuk tubuh kita.
Ini beberapa manfaat kimchi untuk kesehatan.

1. Makanan super

Kimchi adalah makanan yang rendah kalori dan memiliki banyak serat yang dapat membuat pencernaan Anda memproses dengan lebih cepat dan lebih mudah.Kimchi juga berkhasiat menyembuhkan banyak penyakit umum dalam tubuh Anda dan secara umum baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Sumber probiotik yang sangat baik

Karena Kimchi adalah makanan yang difermentasi, Kimchi menjadi sumber yang sangat baik dari probiotik. Probiotik menjaga tubuh Anda tetap sehat dan membantu melawan semua infeksi. Kimchi juga menyediakan Vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, zat besi, kalsium dan Selenium. Vitamin dan mineral membantu dalam aliran darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan juga pertumbuhan otot.

3. Dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda

Unsur selain kubis di Kimchi adalah bawang putih; bawang putih memiliki Allicin dan Selenium. Allicin dan Selenium menjaga kadar kolesterol dalam tubuh Anda dan mencegah timbunan lemak di dinding arteri. Karena aliran darah juga meningkat, tingkat kolesterol dan tekanan darah Anda akan menurun. Kemungkinan stroke dan penyakit jantung akan menjadi rendah ketika Anda memakan Kimchi.

4. Dapat digunakan untuk menurunkan berat badan

Kimchi juga membantu Anda untuk menurunkan berat badan . Ini karena Kimchi memiliki lactobacillus yang merupakan bakteri baik; membawa turun nafsu makan Anda dengan mengurangi kadar gula darah Anda. Juga kandungan serat yang tinggi akan mengisi perut Anda dan membuat Anda kurang lapar.

5. Memiliki antioksidan yang melindungi tubuh Anda dari radikal bebas

Bahan-bahan lain seperti jahe, merica dan bawang putih mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah Anda dari terkena flu atau pilek.

6. Makanan yang melawan kanker

Kimchi memiliki antioksidan dan flavonoid yang membantu dalam memerangi kanker, terutama kanker perut. Kubis memiliki antioksidan dan flavonoid yang sama dengan sayuran lainnya seperti kembang kol.
Meskipun Kimchi mungkin makanan super, penting bagi Anda untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Meskipun Kimchi berguna dalam menurunkan tekanan darah, Kimchi juga memiliki banyak garam di dalamnya, sehingga Anda hanya perlu menambahkannya sebagai pendamping untuk makanan Anda dan tidak membuat Kimchi menjadi makanan utama Anda. Terlalu banyak makanan fermentasi juga dapat menyebabkan kanker lambung. Anda bisa mengonsumsi Kimchi dengan sup,
sandwich atau ketan. Kimchi juga enak bila dimakan bersamaan dengan sushi.

Cr : Magforwomen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salmon Lada Hitam

Menghias Cupcake

REVIEW "FOCALLURE"